Terhenti di Semifinal, Filipina Tetap Bangga

Singapura – Filipina lagi-lagi gagal melaju ke partai final Piala AFF. Tapi, kubu The Azkals tetap menganggap pencapaiannya pada tahun ini sebagai sesuatu yang bagus.

Dua tahun silam, Filipina untuk pertama kalinya lolos ke semifinal Piala AFF. Mereka kemudian gagal ke final karena dikalahkan Indonesia.

Kejadian serupa terulang pada tahun ini. Phil Younghusband dkk. lolos lagi ke babak empat besar sebagai runner-up Grup A dan selanjutnya bertemu Singapura.

Setelah bermain imbang tanpa gol di Manila, Filipina kalah 0-1 di leg kedua. Mereka pun harus merelakan satu tiket final jatuh ke tangan The Lions.

“Ini masih merupakan pencapaian yang bagus buat kami, bisa mencapai semifinal dan semoga kami bisa belajar dari ini dan kembali dengan lebih kuat di masa depan,” ujar pelatih Filipina, Michael Weiss, di situs resmi turnamen.

“Singapura memiliki lebih banyak pengalaman dan ketenangan di bawah tekanan dan itu membantu mereka hari ini. Secara umum, setelah dua laga mereka adalah pemenang yang layak,” tambahnya.

Pada laga leg kedua yang digelar di Jalan Besar Stadium, Rabu (12/12/2012) malam WIB, gol semata wayang Singapura dicetak oleh Khairul Amri pada menit ke-19. Amri sukses memaksimalkan situasi set piece untuk melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi kiper Eduard Sacapano.

“Gol mereka adalah hadiah di pihak kami karena kami sudah fokus ke set piece selama 10 hari terakhir dan kami belum kebobolan dari set piece,” ungkap Weiss.

“Itu adalah tembakan bagus dari Khairul Amri, tapi pertahanan kami seharusnya tak membiarkan hal itu terjadi,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s